Proses Peer Review

GREENERS Journal adalah jurnal akademik yang terbit dua kali dalam setahun (Maret dan September) yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Universal. Artikel penelitian ini dikirimkan ke jurnal online GREENERS melalui peer review minimal 1 (satu) reviewer. Keputusan untuk menerima artikel merupakan hak Redaksi berdasarkan rekomendasi dari Mitra Bestari (Reviewer). Artikel penelitian yang diterima akan tersedia online setelah proses peer review jurnal. Bahasa yang digunakan dalam jurnal ini adalah bahasa Indonesia.

Semua artikel yang dikirimkan ke Journal of Green Engineering for Sustainability (GREENERS) akan direview dengan metode double-blind review. Reviewer tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis juga tidak mengetahui identitas reviewer (metode double-blind review). Pada umumnya setiap artikel akan direview oleh satu sampai dua orang review.

Proses pre-review artikel dilakukan oleh Pemimpin Redaksi yang meliputi:

  1. Focus and Scope: Artikel yang dikirim harus sesuai dengan ruang lingkup Jurnal GREENERS, fokus dan ruang lingkup dapat dilihat disini. Artikel di luar lingkup GREENERS Journal akan ditolak.
  2. Cek Plagiarisme : Cek plagiarisme dan kesamaan artikel dilakukan dengan menggunakan google schoolar dan turnitin dengan skor maksimal 25%. Artikel yang memiliki kemiripan cek diatas 25% akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi.
  3. Referensi: referensi yang digunakan dalam artikel minimal 10 referensi yang terdiri dari 80% sumber primer dan 20% sumber sekunder. Referensi menggunakan gaya IEEE dan dibuat dengan menggunakan perangkat lunak pengelola referensi seperti Mendeley.
  4. Template: artikel yang dikirimkan harus sesuai dengan template di Jurnal GREENERS yang dapat dilihat dan diunduh disini.

Apabila dari keempat komponen tersebut ada yang tidak sesuai, maka artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi. Penulis diberikan waktu selama tujuh hari untuk merevisi artikel dan mengirimkannya kembali.

Tanggapan para reviewer akan menjadi dasar bagi Redaksi untuk menyimpulkan

  1. Accept Submission: artikel diterima untuk diterbitkan tanpa revisi substansi.
  2. Revisi Diperlukan: artikel dengan sedikit revisi, artikel dikirim ke penulis untuk direvisi (ketika penulis telah mengirimkan revisi, artikel dapat diterima untuk diterbitkan).
  3. Resubmit for Review: artikel dengan revisi besar. Setelah dilakukan revisi oleh penulis, artikel diserahkan kembali kepada reviewer untuk direview kembali (maksimal tiga kali submit ulang), Jika artikel kurang tepat substansinya setelah review keempat, maka reviewer diperbolehkan memberikan rekomendasi sebagai Decline Submission.
  4. Kirim Ulang Di Tempat Lain: secara substansi, artikel dianggap kurang sesuai dan disarankan untuk dikirimkan ke jurnal lain.
  5. Tolak Pengajuan: artikel ditolak oleh reviewer untuk direview dengan dua alasan, (1) reviewer menolak karena suatu alasan (tidak berkaitan dengan substansi artikel), kemudian artikel dikirimkan ke reviewer lain. (2) artikel yang ditolak secara substansi dianggap kurang layak untuk dimuat dalam jurnal.

Sebuah artikel ditolak untuk diterbitkan karena berbagai pertimbangan, antara lain:

  1. Artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup.
  2. Artikel tidak mengikuti kaidah penulisan karya ilmiah / tidak mengikuti pedoman penulis.
  3. Kesalahan metodologi yang mendasar.
  4. Penulis menolak memberikan saran perbaikan yang diberikan oleh reviewer tanpa dasar yang logis.
  5. Terdapat duplikasi dalam publikasi, dimana penulis melakukan submit artikel di beberapa jurnal dan salah satunya adalah GREENERS Journal, atau artikel tersebut pernah dipublikasikan di jurnal lain dan submit ulang di GREENERS Journal.
  6. Terdapat indikasi plagiat lebih dari 25%